Uncategorized

Baca Komik Gratis lewat COMICA

COMICA

Apakah itu ?

Aku sendiri baru tahu tentang COMICA ini sekitar bulan Februari 2017.

Berawal dari baca-baca komen di komik LINE WEBTOON kok beberapa kali aku nemu komen yang garis besarnya ‘pindah ke lapak sebelah’ ‘ada di webtoon sebelah’ di lapak komik LINE WEBTOON. Aku penasaran dong, berarti LINE WEBTOON ini bukan satu-satunya lapak untuk baca komik online. Waktu itu sih aku masih kudet dengan beranggapan kalau LINE WEBTOON ini adalah satu-satunya lapak yang legal untuk baca komik online. Setelah tahu ada lapak lain, aku segera meluncur ke Google Play.

Link Google Play :

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.comica.comics.google&hl=in

Tagline nya :

COMICA – Free Webtoon Comic alias COMICA – Webtoon, Komik Gratis!

Hum, apa benar gratis ?

Ayo dicoba !

.

.

.

Bagi yang sudah menggunakan LINE WEBTOON, COMICA ini pada prinsipnya sama seperti LINE WEBTOON makanya sering disebut dengan webtoon sebelah.

COMICA ini ada versi aplikasi dan versi webnya juga.
Versi web di http://sea.comica.com/sea/

Bisa baca komik tanpa login (tapi terbatas)

Perlu diperhatikan, COMICA ini seperti keterangannya di Google Play, memberlakukan In-app purchases bervariasi antara Rp 5.000 – Rp 1.146.432 per item.
Jadi ya, COMICA ini tidak murni gratis.

.

.

.

Menelusuri COMICA

Komik-komik di COMICA dikelompokkan ke berbagai kategori antara lain :
Berdasarkan status apakah masih on-going atau sudah END. Komik yang masih on-going diupdate setiap satu minggu sekali.
Berdasarkan genre antara lain romance, drama, comedy, fantasy, action, horror.

Seperti yang sudah dikatakan tadi, COMICA ini tidak murni gratis. Jadi begini, ada komik yang beberapa chapter GRATIS kemudian chapter selanjutnya dikunci. Untuk membuka kunci ini harus menggunakan koin.
Koin ini didapat dari mana ?
Di sinilah tidak gratisnya.
Koin ini bisa dibeli mulai dari Rp 5.000 (4 koin) hingga Rp 500.000 (700 koin).

Harus beli koin ya ?
Ndak juga sih.
Selain beli koin, ada cara lain untuk bisa membaca chapter yang dikunci.
Ada event DAILY LOGIN jadi loginlah ke COMICA setiap hari tanpa putus. Umumnya mendapat 30 point setiap login. Ada juga yang sekali login 50 point. Point ini jika dikumpulkan mencapai jumlah tertentu bisa ditukar dengan koin. Memang mengumpulkannya lama karena untuk 30 hari atau 30 kali login baru mendapat 30 koin dan sekitar 800an point. Penukaran point jadi koin bisa dilakukan jika sudah mencapai 200 point (2 koin) tapi lebih enak menukarkan point saat sudah mencapai 1.000 karena ada bonus koin (10 koin + 5 koin). Maksimal point yang bisa ditukarkan untuk sekali penukaran adalah 3.000 point (30 koin + 30 koin).  Paling menguntungkan memang menukarkan point saat sudah mencapai 3.000. Bonus koinnya lebih mantap.

Duh, tapi aku nggak sesabar itu, ada cara lain tanpa harus beli koin atau rajin login ?

Ada, yaitu menggunakan tiket. Sayangnya tiket ini hanya tersedia bila mengakses COMICA lewat aplikasi. Di COMICA versi web tidak ada fitur tiket ini.
Tiket bisa didapat dengan menonton iklan yang tersedia. Tinggal klik ikon tiket atau lewat menu Isi tiket. Iklan akan terputar dengan sendirinya. Ada yang durasinya 30 detik, ada yang 15 detik. Biarkan iklan terputar. Kalau sedang luang ya iklan bisa ditonton sebagai hiburan. Satu tiket akan didapat setelah menonton satu iklan hingga durasinya habis dan satu tiket ini bisa digunakan untuk membaca satu chapter yang terkunci. Sayangnya maksimal penambahan 5 tiket per hari dengan masa berlaku setiap tiket lima hari jadi tiket bisa diakumulasi untuk beberapa hari jika tidak dipakai.
Hehehe … aku kalau baca chapter yang terkunci selalu pakai tiket. Lama kelamaan banyak komik yang sudah dibaca jadi tiket sering bertumpuk di angka belasan jadi nggak khawatir lagi deh kalau mau baca chapter yang terkunci karena banyak tiket yang disimpan.

.

.

.

Yang aku suka dari COMICA :

Komik yang tersedia lebih bervariasi dibanding LINE WEBTOON. Pokoknya wajiblah install COMICA di smartphone sebagai pendamping LINE WEBTOON. Di COMICA ini lebih terbuka dibanding LINE WEBTOON. Ada komik yang genrenya nggak umum seperti shonen ai/boys love yang tokohnya cowok-cowok punya hubungan romantis, komik berisi konten dewasa yang ada adegan pakaian minim dan adegannya menjurus (tapi tetap ada sensor dengan diblur). Di LINE WEBTOON aku belum pernah menemukan komik dengan genre seperti di atas (atau akunya yang kudet dan kurang berusaha nyarinya).
Apakah aku nggak suka dengan keterbukaan COMICA ini ?
No, awalnya sih aku kaget dan WOW dengan adanya komik-komik dengan genre nggak umum di atas. Sempetlah komen dalam hati wah COMICA ini berani banget ya menyediakan komik seperti itu. Ini di Indonesia Men, yang konten-konten dewasa dan banyak hal yang dianggap tabu ditampilkan di media manapun lumayan dibatasi. Seneng malahan dengan keterbukaan COMICA memberi wadah komik-komik yang dengan genre nggak umum seperti di atas, meskipun aku nggak baca sih. Ya aku memang nggak baca  lagi komik yang berbau shonen ai/boys love. Dulu pernah coba baca tapi ternyata memang bukan seleraku jadi aku nggak pernah baca lagi deh.

Meskipun ada konten berbayar, COMICA tidak membuatnya jadi hal yang ribet. Baca chapter yang terkunci tidak harus pakai koin karena dengan tiket pun bisa.
Pas baca-baca komen di Google Play, kayaknya sistem tiket ini diterapkan belum lama karena banyak yang mengeluh dengan sistem point dan koin. Aku termasuk yang beruntung kenal COMICA saat sistem tiket sudah berjalan. Tinggal nonton iklan aja. Nggak berat’kan ?
Btw kalau bacanya komiknya nggak SKS alias baca komik dari chapter awal sampai akhir sekaligus sih seharusnya nggak ribet harus beli koin untuk buka chapter yang terkunci. Aku baru sadar kalau komik di COMICA itu pada dasarnya diupdate satu chapter setiap minggunya. Dulu aku kira komiknya diupdate tiap hari karena sering nongol chapter baru yang dikunci padahal kayaknya kemaren baru baca chapter yang gratis. Ternyata setelah dilihat-lihat, tanggal updatenya memang berselang satu minggu dan banyak komik yang chapternya dikunci jadi gratis jika sudah mencapai tanggal updatenya. Seringnya ada tulisan Gratis setelah … hari. Tinggal lihat tanggal updatenya deh. Pas tanggal updatenya tiba pasti chapternya jadi gratis. Memang melatih kesabaran seperti baca komik di LINE WEBTOON yang updatenya seminggu sekali. Tapi kalau memang tipe pembaca SKS yang bisa langsung melahap belasan chapter sekaligus sih repot karena harus sedia tiket atau koin yang banyak, kan pengennya baca chapter banyak sekaligus.
Tapi memang ada komik yang gratis di chapter awal lalu dikunci permanen sampai chapter terakhir. Ada itu jadi harus sedia tiket dan koin karena nggak akan tiba-tiba jadi gratis.
Tapi ada juga komik yang memang gratis dari awal sampai akhir. Tinggal pilih-pilih saja.

.

.

.

Yang aku ndak suka dari COMICA :

Fitur tiket cuma ada di aplikasi. Di COMICA versi web ndak ada.

Tidak bisa dizoom. Gambar kekecilan dan ndak begitu kelihatan percakapannya di Smartphone LG G2 Mini yang layarnya 4,7. Kalau sudah ndak kelihatan di smartphone terpaksa baca lewat web.

Butuh koneksi yang mumpuni banget karena loadingnya berat (atau smartphoneku yang sudah uzur dan koneksiku yang memble).

Mau baca offline rempong. Harus disimpan satu per satu. File yang disimpan juga besar-besar ukurannya. Bikin penuh memori juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s